Pages

Rabu, 27 Agustus 2014

Dari Kapal Fery ke Kapal Perang


Tidak terbayang sebelumnya hal ini menjadi kenyataan.   Pengalaman kelas dua SMP dengan kawan bernama Saepudin berulang lagi, tapi dengan rasa berbeda.   Dulu, sewaktu kami masih berseragam putih biru dengan celana pendek khas SMP.   Sama-sama punya mimpi waktu kecil untuk menjelajahi  lautan, pergi berpetualang dengan kapal laut.

Alhasil,  di suatu Sabtu kami membulatkan tekad dengan pergi ke Pelabuhan Merak.  Ya, rumah kami yang berada di Pandeglang, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja untuk sampai di pelabuhan Merak Banten dengan menggunakan bis kota.

Meyeberang ke Lampung.  Ya...itu misi kami hari itu.  Hebatnya lagi, tanpa sepengetahuan orang tua. 
Dengan berbekal sisa uang jajan sekolah kami dapat membeli tiket kapal roro yang membawa kami menjejakan kaki di Pulau Andalas.   Waktu itu, kapal Jatra 1 yang kami tumpangi.  Dengan kecepatan lambat,  Pelabuhan Bakauheni dapat kami capai dalam waktu 2 jam.

Perasaan waktu naik kapal dan berada di tengah lautan?  Ruarrrr...biasaaaa.   Satu mimpi kami telah tertunaikan.

Sayangnya, Saya dan Saepudin berpisah di penghujung SMP.  Kami meneruskan SMU di sekolah berbeda.  Tapi saya masih ingat ucapan waktu itu, “Yang kita seberangi ini hanya selat.  Nanti, saya akan menyeberangi pulau-pulau sampai ke luar negeri,” ujarku waktu itu.

Seiring dengan waktu, selepas kuliah dan bekerja, rupanya kesempatan itu datang.  Adalah tugas perusahaan yang akan mengirimkan delegasi untuk Pameran di Brunei Darussalam di bawah komando Kementerian Pertahanan.  Waktu itu, mobilisasi alat pamer dan personil menggunakan kapal perang bersama dengan TNI Angkatan Laut yang akan turut dalam parade kapal perang.  Mengarungi Laut China Selatan sambil operasi menjaga perbatasan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Archive

Blogroll

# Happy people is not a great man in every way, but one that can find simple things in life and give thanks diligent.
# Life is a game with obstacles encountered and when there is a chance, we have to seize it.

About